YUK ! KENALI JENIS KULITMU DAN BELAJAR MERAWAT KULIT SEJAK DINI

Pasti beberapa dari kalian belum mengenali jenis kulit sendiri kan... apakah jenis kulit kalian normal, kering, berminyak, kombinasi atau kombinasi ? nah.... sebelum kalian mengenal produk skincare, pertama-tama kalian harus tau dulu nih jenis kulit kalian apa agar skincare yang kalian akan beli itu pas dengan kulit dan nantinya bisa glow up deh. yu simak penejelasannya.


Dalam dunia perskincare-an, terkadang masih banyak orang yang salah dalam memilih produk untuk kulit mereka. Ini sering terjdi karena banyaknya produk viral yang bm tentu cocok di kamu tapi cocok di orang lain. Nah.... disini yang menjadi masalah adalah penentuan jenis kulit. Mari aku kasi contoh sederhana yah. Misalkan nih si Wanda ngereview produk yang lagi viral dan cocok di kulitnya, ada juga beberapa dari orang setuju dengan si Wanda ini, nah si Jessi yang ngeliat nih tergiur karena kebanyakan orang merasa produk tersebut cocok di mereka. TAPI..... pas di coba eh..... di kulit si Jessi produk tersebut malah nimbulin beruntusan dan jadinya rugi di duit dan di kulit deh.


Nah... di blog ini, aku akan share ke kalian penjelasan detail mengenai tipe kulit, gimana cara nentuin jenis kulit kalian sert produk skincar apa aja sih yang cocok untuk setiap jenis kulit. Agar kalian nggak keliru lagi dalam memilih produk. Save Your Money, Save Your Skin And Save Your Future.



Mengenal Jenis-Jenis Kulit

1. Kulit Normal
    Memiliki kulit normal merupakan dambaan semua orang khususnya para wanita karena kulit normal cenderung tidak memiliki masalah kulit seperti berminyak dan kering. Jenis kulit normal memiliki kelembapan dan elastisitas yang normal. kulit normal tidak terlalu banyak mengeluarkan minyak sehingga kulit tidak terlihat mengkilap. Tingkat minyak alami didistribusikan secara merata, membantu menjaga kulit terhidrasi setiap saat. Selain itu, ukuran pori-pori kulit normal tidak terlalu besar dan juga tidak terlihat kusam.

2. Kulit Kering
    Untuk kulit kering itu sendiri ditandai dengan pori-pori yang sangat kecil, bintik merah, dan tampilan kulit yang lebih ke kusam. Kulit kering juga cenderung terasa kencang, memiliki kerutan yang lebih terlihat, serta rentan terhadap iritasi. Salah satu highlight bagi yang berkulit kering yakni penuaan dini dikarenakan kulit yang terlalu kering dan kurangnya hidrasi.

3. Kulit Berminyak
    Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak biasanya diindentik dengan pori-pori yang besar, jerawat, komedo dan masalah serupa yang menyebabkan pigmentasi kulit. Akibat minyak berlebih, hampir seluruh bagian wajah tampak berkilau. Tapi ingat yah.... wajah berkilau (mengkilap yang di hasilkan minyak dari pori-pori) beda dengan wajah glow up (mengkilap yang bukan dari minyak dan kulit glow up memiliki pori-pori yang kecil). Jadi bagi kalian yang sering mengeluh memiliki kulit berminyak nggak papa kok! karena menurut riset para dokter jika harus disuruh milih punya kulit kering atau berminyak, mereka lebih prefer kulit berminyak karena tidak terlalu cepat mengalami penuaan dini.

4. Kulit Kombinasi
    Kalau dilihat dari katanya, kulit kombinasi merupakan gabungan yang dimana beberapa area kulit terasa berminyak. Sementara area lainnya normal, kering bahkan terasa sensitif. Biasanya bagian kulit yang berminyak yakni area T-Zone seperti dahi, hidung dan dagu. Untuk area kulit kering di sekitaran mata dan mulut. Untuk bagian pipi itu kadang-kadang kering atau berminyak, tergantung pada jumlah sebum yang di hasilkan. Masalah lain yang di hadapi bagi pemilik kulit kombinasi juga hampir sama dengan kulit berminyak yakni pori-pori besar, kulit tampak berkilap, komedo dan untuk jerawat tidak seserius seperti kulit berminyak.

5. Kulit Sensitif
    Untuk kulit sensitif itu sendiri, masalahnya agak sama dengan kulit normal, berminyak, kering, maupun kombinasi. Yap berarti kulit sensitif merupakan jenis kulit yang memiliki banyak masalah di antara keempat jenis kulit diatas. Bahkan terkena paparan sinar matahari sekalipun dapat berdampak besar. Bukan hanya dampak matahari, pemakaian produk yang kurang di antisipasi bagi pemilik kulit sensitif sehingga segala sesuatu yang ingin di lakukan kepada kulit yang sensitif haruslah lebih berhati-hati.


Cara Mengetahui Jenis Kulit



Produk Skincare Untuk Setiap Jenis Kulit

Face wash dari COSRX ini cocok di pakai bagi yang memilik jenis kulit berminyak.



Face wash dari Hada Labo cocok bagi yang kulitnya kering.





Face wash dari Poise cocok bagi kalian yang memiliki kulit kombinasi.



Face wash dari Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam cocok bagi kulit normal.




Face wash dari Acnes ini cocok bagi yang memiliki kulit sensitif.


Komentar